Tips Membeli Tiket Pesawat Secara Tepat

Banyak sekali orang yang beranggapan, bahwa beli tiket pesawat itu susah-susah gampang. Terutama untuk Anda yang mempunyai budget terbatas, namun ingin bepergian. Sebenarnya hal seperti ini tidak demikian, jika Anda tahu, bagaimana cara membelinya secara tepat. Ulasan kali ini, akan memberikan Anda informasi tentang beberapa tips tepat, untuk membeli tiket pesawat tersebut, yaitu :

1. Perhatikan daerah tujuan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum beli tiket pesawat adalah memperhatikan daerah tujuan. Tahukah Anda ada beberapa daerah tujuan dengan harga tiket yang sedikit lebih mahal, dibandingkan dengan daerah lainya. Hal tersebut karena daerah yang dimaksud termasuk daerah yang paling sering dikunjungi, entah alasan ibu kota, daerah tujuan wisata terlaris, atau yang lainnya. Sebaliknya, jika daerah yang Anda tuju, bukan termasuk daerah yang sibuk, biasanya harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal.

Satu lagi yang mempengaruhi mahal dan tidaknya tiket pesawat, yaitu tujuan yang terlalu jauh. Jika hal ini terjadi, maka cara mengatasinya adalah dengan membeli tiket transit. Yaitu membeli tiket terusan dari 1 kota ke kota lainnya, untuk sampai ke kota tujuan.

2. Perhatikan waktu keberangkatan

Langkah kedua yang perlu Anda perhatikan ketika beli tiket pesawat adalah cek waktu keberangkatan. Terutama untuk Anda yang ingin traveling, ada baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Cek tanggal keberangkatan dan cek juga tanggal pulang. Pastikan Anda berangkat tidak pada bulan-bulan sibuk atau juga pada tanggal-tanggal sibuk. Yang dimaksud dengan bulan-bulan sibuk adalah, bulan liburan seperti bulan Juni, Juli, dan juga Desember. Sedangkan yang dimaksud dengan hari sibuk, biasanya merujuk pada waktu akhir pekan, seperti jum’at sabtu dan minggu. Sedangkan pada hari senin, biasanya banyak digunakan oleh para pebisnis untuk melakukan perjalanan bisnisnya.
  • Beli tiket keberangkatan terlebih dahulu, baru beli tiket pulang. Hal ini dilakukan agar harga yang ditawarkan lebih fleksibel. Lain halnya jika Anda membeli tiket pulang pergi secara langsung, biasanya harga yang ditawarkan, cenderung lebih mahal.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kali ini, Anda dapat memilih waktu keberangkatan dan kepulangan, sesuai dengan waktu kosong, atau jadwal maskapai tidak terlalu padat.

  • Beli tiket pesawat jauh-jauh hari, maksudnya Anda dapat membeli tiket jauh sebelum keberangkatan. Terutama Anda yang ingin melakukan sebuah perjalanan tertentu, misalnya traveling. Sebaiknya beli sekitar 90 atau maksimal 150 hari sebelum keberangkatan. Teknik ini, juga dapat Anda lakukan untuk membeli tiket pada bulan-bulan sibuk, karena biasanya harganya tidak terlalu mahal.

3. Cari tiket di maskapai penerbangan

Teknik beli tiket pesawat berikutnya adalah tentang maskapai penerbangan. Apabila Anda ingin membeli tiket pesawat dengan harga yang murah, maka hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah :

  • Menjadi member salah satu atau bahkan beberapa maskapai yang ada. Dengan menjadi member, maka Anda akan memperoleh newsletter. Ini adalah informasi terupdate yang selalu diberikan oleh pihak maskapai terhadap para konsumennya.

Selain memberikan informasi terupdate, ada juga keuntungan lain yang akan konsumen dapatkan ketika menjadi member di maskapai tersebut. Dimana memberi akan memperoleh point, dan point tersebut, yang kelak dapat ditukarkan dengan reward tertentu, entah itu berkaitan dengan diskon terhadap pembelian tiket tertentu, atau adanya layanan khusus. Tentunya ini akan jadi salah satu reward yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

  • Dengan menjadi member, Anda juga jadi mudah melakukan pengecekan harga tiket tertinggi dan terendah, di maskapai tersebut. Tentunya ini, yang memberikan Anda keleluasaan dalam menentukan kapan waktu terbaik untuk bepergian.
  • Memilih maskapai yang tepat, juga dapat Anda lakukan. Menggunakan maskapai yang Low Cost Carrier atau LCC, mempunyai harga yang lebih murah, ketimbang maskapai yang Full Service. Maskapai LCC pas untuk memesan tiket dari jauh-jauh hari. Sedangkan memesan tiket yang dekat dengan waktu keberangkatan, biasanya harganya jadi lebih mahal.

Pada maskapai full service, biasanya menetapkan year round fare, yang artinya harga tiket yang diberikan cenderung stabil sepanjang tahun. Bahkan ada kalanya harga tiketnya cenderung lebih murah, ketimbang tiket LCC, ketika Anda membelinya dekat dengan tanggal keberangkatan.

  • Sedikit tips tambahan untuk Anda ketika akan membeli tiket pesawat pulang pergi. Ada baiknya jika membeli tiket di 2 maskapai yang berbeda. Harga masing-masing maskapai tentu saja berbeda. Disini, Anda dapat mencari tahu harga tiket maskapai yang paling murah, untuk keberangkatan dan kepulangan. Membeli 2 tiket di maskapai yang berbeda juga dapat Anda lakukan ketika membeli tiket transit.

4. Cari tiket di agen travel online

Tips lain ketika beli tiket pesawat adalah dengan menggunakan Agen Travel Online atau Online Travel Agent (OTA). Saat ini ada cukup banyak OTA yang ada di pasaran. Yang perlu Anda lakukan adalah mencari salah satu OTA yang terpercaya, dan memberikan fasilitas terbaik. Ketika menggunakan OTA untuk mencari tiket pesawat, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

  • Yang pertama jadi member dari OTA. Download aplikasi yang dimiliki oleh pihak OTA, dan ikuti beberapa perintah yang ada. Akan lebih baik, jika Anda mengikuti sosmed dari pihak OTA, tautkan ke sosmed yang Anda miliki. Dengan demikian, berbagai informasi dari pihak OTA akan langsung Anda ketahui.
  • Pelajari juga berbagai macam fitur yang ada di aplikasi OTA. Pihak OTA biasanya mempunyai fitur “price Alerts” ini adalah fitur yang memungkinkan Anda mengontrol dan menyesuaikan harga tiket yang diinginkan. Cukup masukkan berapa budget tiket yang diinginkan pada input yang ada. Kemudian notifikasi secara otomatis muncul ketika ada tiket dengan harga yang diinginkan.
  • Di aplikasi seperti ini, Anda akan mudah melakukan perbandingan harga. Harga yang dimaksud adalah harga tiket dari beberapa maskapai, dengan keberangkatan di hari yang sama. Hal ini, yang mempermudah Anda dalam mengecek dan memilih harga terendah.

5. Pilih tempat duduk

Yang tidak banyak diketahui orang adalah, Anda juga dapat memilih harga tiket berdasarkan lokasi tempat duduk. Tahukah Anda bahwa tempat duduk yang lokasinya dekat dengan mesin adalah yang paling murah. Karena lokasi tempat duduk dekat dengan mesin, maka suara mesin akan jelas terdengar, terkadang ini yang membuat penumpang merasa kurang nyaman. Sedangkan kursi di lokasi lainnya, biasanya harganya sedikit lebih mahal.

6. Beli tiket 1 per 1

Tips lain yang juga perlu Anda perhatikan, terutama, Anda yang ingin bepergian bersama kelompok. Sebaiknya beli tiket secara 1 pr satu, bukan tiket rombongan. Membeli tiket secara rombongan, membuat harga tiket jadi sedikit lebih mahal. Untuk mengatasinya, buka sejumlah window, sesuai dengan jumlah rombongan, kemudian isi berbagai biodata yang diperlukan. Maka tiket pun akan Anda peroleh dengan harga standar.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>